Home

Alergi

4 Comments

terjemahan wikipedia :

Alergi atau hipersensitivitas tipe I adalah kegagalan kekebalan tubuh di mana tubuh seseorang menjadi hipersensitif dalam bereaksi secara imunologi terhadap bahan-bahan yang umumnya imunogenik (antigenik) atau dikatakan orang yang bersangkutan bersifat atopik. Dengan kata lain, tubuh manusia bereaksi berlebihan terhadap lingkungan atau bahan-bahan yang oleh tubuh dianggap asing dan berbahaya, padahal sebenarnya tidak untuk orang-orang yang tidak bersifat atopik. Bahan-bahan yang menyebabkan hipersensitivitas tersebut disebut alergen.

di keluarga saya yang jelas-jelas alergi tinggi adalah kakak saya,dan om saya (adek dari mama).
kakak saya alergi udara dingin dan debu, jd kalo pagi pasti bersin2. kalo bersih2 rumah juga pasti bersin2 sampe akhirnya flu. saya yang dulunya sekamar dengan dia, pastinya agak sebel,krn berisik kalo bersin2 *jahatbanget* hihihi dan dia kan ga bisa kena debu,mau ga mau saya yg bersihkan kamar >_<

om saya alergi makanan tertentu , seperti udang,rajungan,kalo makan udang pasti langsung gatal2 dan merah2 bdnnya.
saya dulu jg begitu sih, ga bisa makan udang,petis dan kawan2nya, pasti langsung gatel,tp ga merah2. tapi semakin kesini udh gapapa ALhamdulillah.
kalo kakak dan om saya itu masih.

Waktu kakak saya melahirkan anak yg pertama,dokter tanya apa ada riwayat alergi,dijwb iya dan anaknya langsung dikasi susu HA (hypoallergenic *cmiiw). supaya anaknya ga muncul alerginya. sampe umur skitar 3bulan minum susu HA. lalu dilanjut sufor biasa, ga ada masalah.
waktu dia melahirkan anak yg kedua, dia ga bilang ada riwayat alergi, anaknya dikasi sufor, dan hasilnya mata belekan, pipi merah2. ternyata anak nya yg kedua ini alerginya tinggi 😦 jd sampe staun minum susu soya dan makanannya tertentu. kalo ga gitu,pipinya selalu merah (sperti pake blush on)
sayangnya kakak saya ga menyusui,pdhl anak alergi sbaiknya emang minum ASI.
lalu, ketika giliran saya yg melahirkan, saya pun tidak bilang soal riwayat alergi. krn emang tdk ditanya, dan berniat memberikan ASI.
Alhamdulillah naira lancar2 saja sampe pd umur 3 bulan, para eyangs mulai ribut soal “grok-grok” nya kok ga ilang2. dan sering gumoh, banyak lagi. saya gugling katanya ga masalah. tp karena para eyangs memaksa ke dokter, saya pun akhirnya nurut. ternyata kt dokter emang ada kmungkinan alergi, jd saya diminta untuk sering menjemur naira di pagi hari, dan diet tdk makan ayam,telor dan ikan dan juga naira ga boleh pake bedak terutama bedak tabur. oke saya coba skitar 2 bulan dan ALhamdulillah grok2nya ilang dan tdk gumoh lg πŸ™‚
Pada saat naira mulai MPASI pun tdk ada masalah saya beri dia ayam. eehh pd umur 8 bulan naira mulai batuk pilek tidak sembuh2. bolak balik dokter divonis alergi (lagi). kami (saya dan naira) pun diet kembali, tdk makan ayam,telor dan ikan, ALhamdulillah naira sembuh. eehhh saya kok yaaa gatel nyobain makan ayam lagi, shari oke,2hari oke,3 hari?? naira belekan parah matanya T___________T dan batuk pilek lagi, parah 😦
mana kalo di TPA nya,naira abis mandi dipakein bedak tabur banyak banget,sampe kyk bolu, smua anak sih dgituin, saya udh ga sreg aja,tapi mau crewet juga ga enak.
kasian rasanya kalo liat dia malem2 batuk sampe ngiklik (apa y bahasa indonesianya) belum lagi matanya ga bisa dibuka karena belekannya banyak bikin lengket 😦
akhirnya ke dokter dan lagi2, dokternya bilang,ini alergi bu,,bukan infeksi kok,krn matanya ga merah. diet ya bu..dan juga ga usah pake bedak,karena ga ada gunanya.
suami pun cuma bisa bilang “makanya ta makan tempe tahu aja,aman”
saya , “ya wes lah mau gimana lagi”
kok ternyata naira nurun kakak saya juga ya,yg alergi nya tinggi. ya wes lah..smoga stelah ini ga sakit2 lagi ya nai πŸ™‚
maafin mama ya nai :*

2013-07-12 19.05.44
ini foto stelah mata belekannya saya berisihi pake kapas yg direndam air hangat,jd agak bengep gt 😦

Advertisements

Ramadhan dan ASI

2 Comments

ini Ramadhan pertama saya menyusui. sempat ada rasa khawatir, bisa ga ya..mampu ga ya..baca2 di forum kok banyak ibusui yg bisa, maka saya pun smangat untuk puasa πŸ™‚

Dulu stok ASI saya skitar 41 botol (@100ml), sekarang sisa 30 botol , itupun 3botol dicairkan untuk dibawa ke TPA jd stok di frezer 27botol.
kemarin hari pertama saya berpuasa, ternyata saya cuma dapat 2 botol (@100ml) . tapi saya rasa cukup aja, karena ya msh ada stok di frezer itu. naira minum 3 botol selama saya tinggal, jadi pikir saya ya kekurangannya tinggal ambil stok di frezer aja, kalo nanti di akhir Ramadhan stok saya abis, ya sudah lah gapapa, insya Allah nanti ngasi ASI fresh aja stelah lebaran. ASIP hari ini untuk diminum besok.
Alhamdulillah kmrn puasa juga ga pusing (penting!) , laper haus pasti ya,lemes ga terlalu.

Kemarin sampe di rumah jam 17.30 langsung menuju dapur untuk bikin teh, lalu suami liat pintu frezer terbuka, dikira saya barusan naruh ASIP dan lupa nutup.
Suami : ini pasti lupa nutup pintu kulkas lagi, abis naruh ASI ya?
Saya : hah?blm naruh kok, itu masih di cooler bag
Suami : *langsung liat dalemnya* ASI mu cair smua
Saya : HAAAHHH???!!!!!!!!!!!11 *panasdingin*
saya langsung terdiam, bingung, keringetan,gupuh,panik, smua campur aduk rasanya, sms ke temen nanya2 gmn ini.sempet browsing juga. dan nemu link menarik (tp lupa linknya), ada orang yg persis mengalami seperti saya saat puasa gini, dan pintu frezernya lupa ga nutup juga, dia nelpon bidan lakstasi katanya slama ASIPnya itu dishake g pecah dan ga bau aneh dibekuin lagi gpp.
dari 27 botol itu , 9 botol ga cair 100%, krn di baris paling belakang. 18 nya cair 100%. akhirnya saya cuma turunkan 6 botol ke kulkas bawah untuk diminumkan hari kamis jumat.
salah satu teman yg saya sms,akhirnya nelpon, dia bilang nanti yg udh terlanjur dibekukan lagi itu dicobain dulu sabtu minggu pas libur, kalo masih bagus,,diminumkan aja. lumayan saya bisa mompa slama sabtu minggu. kalo basi ya terpaksa saya buang semua.
rasanya masih shock dan ga percaya. cuma karena saya ceroboh dan terburu2 akhirnya seperti ini. apa mungkin naira harus minum ASI fresh ya,hehehe
Alhamdulillah pagi ini stelah saur, waktu mau wudhu ternyata saya dapat “tamu” bulanan. mungkin ini juga solusi dr Allah, agar saya dapat memompa dengan hasil yang lebih banyak daripada saat puasa .
Pagi ini saya udh bisa senyum lagi, stelah dari sore kemaren rasanya sumpek bangeettttt.
smoga saya tetep bisa memberikan ASI untuk naira . amin
Image
*selamat tinggal stok ASI…
tenang naira..mama pasti bisa !!!! *mama yg harus tenang kyknya,hahahaha

rumah jauh?? so whatt ?!?!

6 Comments

saya terlahir dari keluarga keturunan Arab. di surabaya rata2 keturunan Arab tinggal di daerah bernama Ampel (itu lho masjid Sunan Ampel).
dari kecil pun saya dan keluarga tinggal di daerah situ.
rasa2nya kalo org Arab ga mau deh tinggal jauh dari Ampel, karena katanya ga ada yg bisa senyaman ampel, smua deh ada disana,hahaha makanannya enak-enak endesbre endesbre.
kalo saya sih ketika udh bawa motor sendiri, mulai malas tinggal di situ karena rata2 kampung kecil gitu, jd motor kudu dituntun,ga boleh dinaiki smp depan rmh.
trus ketika kakak saya nikah, dia memutuskan beli rumah di daerah aloha (perbatasan surabaya – sidoarjo) yg emang jauh dari rumah ortu diΒ  Ampel, ya skitar 25km lah. tp pas maen ke rumah kakak saya seneng banget, krn emang suasananya beda bgt. msh ada sawah2..seneng deh liat ijo2 pagi hari,segerrr ,udaranya pun msh enak gitu, apalagi pagi hari. walaupun airnya msh air sumur. saya pun bercita2 pengen beli di daerah sana jg.

bgitu nikah mulai deh nyari2 rumah. eh udh muter2 tetep pengen nya di deket rumah kakak aja. kan enak dkt sodara.
eh lha kok udh mahal banget T__________T
akhirnya dgn sgala usaha dan doa , terbeli juga rumah di dkt kakak, ALhamdulillah.
trs gimana komen sodara2???
“aduuhh jauhnyaaaaaaaaa..”
“ga kurang jauh ta rumahmu???”
dan lain-lain yg kurang lebih mirip sama komen di atas.
jawaban saya?
“jauh dari mana dulu?wong masih bisa ditempuh naek kendaraan kok..hehe”
“abis gmn mampunya beli dsini kok”

ya emang slain krn lokasi yg saya suka, emang keadaan keuangan nya cukup di daerah pinggiran. rumah di tengah kota udh ga terjangkau. apalagi di Ampel, rumah kuecil aja ratusan juta. hadeehhhh.. krn emang daerah wisata.
tapi ya orang2 itu komennya selalu ga enak. sampe saya sebel, ya wes klo ga mau maen ke rumah saya yg jauh ini gapapa 😦
ada salah seorang sodara yg pas maen ke rumah, dateng2 ga salam ga apa langsung aja ngmg “jauhnyaaaaaaaaa”
helooo..kamu yg ngomong lho ga punya rumah,nebeng ortu, sepertinya dia akan tetep tinggal sm ortu deh krn emang nyaman dan dimanjakan banget deh,ortunya kaya raya *bete
trs kapan hari ktemu lg, dia sm mamanya, mamanya nanya rumah saya dimana, belum saya jawab langsung dia yg jawab, “rumahnya jauh bangeett”
saya cuma bisa senyum sambil bilang “emang pengen jauh, jd orang desa, enak tenang”
biarin rumah saya kecil, rumah saya jauh dr mana2, yg penting rumah ini saya beli dgn usaha sendiri, nyaman buat keluarga saya .

baiti jannati insya Allah.amin

2013-05-09 06.21.08
*lg jalan pagi, enak kan suasananya hehe pamer dikit :p

oya,lupa..ini foto rumahku surgaku πŸ˜€

29042012225

bongkar-bongkar

4 Comments

sejak naira bisa merangkak..dia hobi banget bongkar-bongkar barang yang dibawah. dikasi maenan ga mau. sukanya malah botol minyak telon,cologne, atau bukain laci aksesoris. tapi asal dia ga nangis, seneng mainan gitu, saya ga masalah. urusan brantakan, ntar dia tidur ya tinggal diberesin aja, bsk dibongkar lagi ya wes gpp, hehehe yang ga saya suka kalo lalai sedikit dia sdh bongkarin tempat sampah X_X untungnya sampah kering, hadeeehhh

kiri : ini lg bongkar2 rak yg isinya asesoris saya dan naira, anteng deh kalo kayak gitu πŸ˜€
kanan : ketauan bongkar2 cuma noleh trs lanjut,hahaha
2013-07-01 20.20.082013-07-01 20.20.22

kiri : naira hobi difoto, kalo dipanggil, trus yg manggil pegang hp lgsg senyum gitu hihihihkanan : nyobain turban baby yg beli di tante roro

2013-07-01 20.09.362013-07-01 20.10.01

daily activities

6 Comments

pengen nulis kegiatan saya sehari2, mulai bangun tidur sampe brangkat tidur lg di malem hari,hihii buat apa?buat diinget2 sendiri aja kalo suatu saat nanti saya udah santai, misalΒ  punya ART 5 biji mungkin,hahahaha:))

sejak pindah rumah,dan ARTless, tentunya semua pekerjaan rumah dihandle saya dan suami,ya tapiiii banyakan saya dong -.-
awalnya sempet gupuh trs stiap hari, lama2 udh kbiasaan, kyk udh hapal dan terjadwal banget deh.jd ya ringaaannn *sombong πŸ˜€

bangun pagi jam 04.30, langsung wudhu dan sholat subuh, lalu slanjutnya uplek2 di dapur, bikin teh buat suami,kopi buat saya (emang kopi addict) πŸ˜€
trs sambil minum kopi, ngangetin makanan buat sarapan (yg sudah dimasak sebelumnya) dan bikin tim buat naira (sayurnya jg udh jadi)
kira2 sampe jam 5,trs langsung cuci alat2 yg td dipake buat bikin tim,gelas2 dkk
stelah itu mandi, trs ga lama naira bangun,angkat dia keluar, saya bersihin tempat tidur dan kamar, sementara suami nyuci baju naira πŸ˜€
klo baju saya dan suami dilaundry aja,krn blm punya mesin cuci hehehe
slesai bersih2 kamar, langsung sarapan dan nyuapi naira, ini sekitar jam 05.30. hahah kasian y naira jam sgitu udh dikasi sarapan, Alhamdulillah dia mau πŸ˜€
trs abis itu mandiin naira, gantiin baju,saya skalian ganti baju. udh deh siap2.jam 06.30 brangkaaatt.
pulang kerja nyampe rumah jam 18.00, langsung sholat magrib. stelah itu goreng2 lauk dan bikin sayur (kalo ga males) ini pun bumbunya udh diiris2 malem sbelumnya hehehe trs makan malem, dilanjut cuci piring, masak nasi buat besok, mencairkan ASIP buat besok jd, trs cuci botol naira dan kotak2 makannya (dr TPA) . stelah slesai smua urusan dapur, gantiin naira baju tidur trs sholat isya, dan mulai baring-baring di kamar, sambil main sm naira :Dkalo besoknya mau bikin sayur2 tumis gitu buat makan malem, berati bumbu2 disiapin semalem sebelumnya
untuk belanjanya saya biasanya jumat pagi/ sabtu pagi, trus ikan/ayam sdh saya bumbui entah itu bumbu ungkep atau dimasak apa gitu,yang bisa tinggal diangeti kalo butuh. tahu / tempe / telor sebisa mungkin selalu ada di kulkas. jd kalo perlu2 gampang πŸ˜€
oya bersih2 saya lakukan 2hr sekali. ya malem mau tidur itu. biar paginya ga rempong heheheh

udh gitu aja , rasanya kadang ga percaya bisa berumah tangga dan melakukan itu smua, Alhamdulillaaahhh πŸ™‚

obat tradisional

8 Comments

saya mau nulis disini mengenai beberapa obat tradisional yang saya gunakan waktu naira sakit. sekalian buat saya kalo suatu saat nanti lupa *gaberharapsakitlagi*
– untuk demam : kompresan bawang merah
iris beberapa siung bawang merah, lalu haluskan. tambahkan minyak goreng. kalo nenek saya dulu lebih suka pake minyak kelapa (tapi baunya ga enak) danΒ  ditambah dengan asem jawa.
kompresan ini ditaruh di kepala (ubun2), dada, dan punggung.
sebaiknya waktu anak tidur,drpd diucek2 kena mata nanti X_X

– untuk batuk : sari kunyit, sari kencur, dan daun belimbing wuluh
parut beberapa potong kunyit/ kencur, lalu beri air, dan saring. kunyit dan kencur ini tidak dicampur. diminum salah satu aja. untuk naira kencur ga berhasil, tapi kunyit Alhamdulillah cocok. karena katanya kunyit itu seperti antibiotik, dan merupakan anti alergi (kata dokter)
ada yang bilang juga, kalo daun belimbing wuluh jg bagus. direbus, diambil airnya,lalu diberi gula batu. yg ini saya belum nyoba πŸ˜€

– untuk pelega tenggorokan dan hidung
taruh air panas di baskom, lalu beri minyak kayu putih. taruh di kamar, tutup rapat2 pintu dan jendela kamar

oya, bawang merah jg bagus untuk menyerap virus influenza, jd kalo ada yg flu di rumah, segeralah iris2 bawang merah lalu taruh di piring-piring kecil, taruh di sudut2 ruangan.

sekian infonya πŸ˜€