Home

baby blues

7 Comments

apa itu baby blues ?
atau sering juga disebut Postpartum Distress Syndrome adalah perasaan sedih dan gundah yang dialami oleh sekitar 50-80% wanita setelah melahirkan bayinya.
gejalanya gimana?

  1. Menangis tanpa sebab yang jelas
  2. Mudah kesal
  3. Lelah
  4. Cemas
  5. Tidak sabaran
  6. Enggan memperhatikan si bayi
  7. Tidak percaya diri
  8. Sulit beristirahat dengan tenang
  9. Mudah tersinggung
    panel1

kenapa tetiba ngomongin ini?
karena beberapa hari yang lalu salah seorang teman saya kuliah baru aja melahirkan, trus dia WA saya. ternyata dia lg panik, karena katanya ASInya dikit. sedangkan kluarga di sekitarnya mulai komentar2 ga enak.
langsung deh ingatan saya melayang ke 15 bulan lalu, waktu saya baru melahirkan.

ternyata emang ya smua tahap untuk memiliki anak itu penuh perjuangan, mulai dari hamil,abis itu melahirkan, dan ga berhenti disini,karena msh ada perjuangan menyusui.
menyusui yang awalnya saya kira mudah, ternyata ga gampang !
karena awalnya saya lahiran prematur,anaknya kuecil sak kepik (hahaha lebay) jd gendongnya aja udh ga nyaman. dilanjut dengan nipple flat, mgkn jg karena lahir blm waktunya apa emang takdirnya bgitu ya,hahaha otomatis lepas-lepas trs kalo nyusui, akhirnya lecet deh,,hadeehh perihnyaaaa..pas diisap bayi langsung merinding seluruh badan. tadinya ga nyadar kalo lecet, kirain emang gt rasanya nyusuin, ternyata pas diliat, ohhh lecet to πŸ˜€
waktu itu ya pasti stres ya, karena belum juga abis rasa shock harus operasi caesar, dilanjut omongan dari sekitar kenapa kok SC lah, kok bs gini lah, gitu lah, trs dilanjut bayi tidur trs ga mau disusuin (dikira masih di perut kali ya) jd ASInya disendokin deh.
yang bisa dilakuin apa? ya cuma curhat sama dua suhu per-ASI-an saya ,colek suhu 1 dan suhu 2 .hihihi karena emang mreka ber2 yang udh ngalami lebih dulu trus nangis semaunya deh, nangis2 tanpa sebab gitu, sampe suami heran. trs sedih, sumpek tiba2..kyk ngerasa sendirian, kyk bingung .aneh deh..nah ini nih yg namanya baby blues.ternyata saya ngalamin jg,hadeeehhh..
apa aja yang saya tanyakan ke 2 suhu saya itu? dari awal pastinya soal prawatan stelah SC ke suhu 1 yg ngalami nasib sama,hihihi krn di keluarga saya ga ada yg SC. trus lanjut soal kenapa ASI dikit, gmn cara nyusuin yg benar ke suhu1 dan suhu 2 πŸ˜€
ternyata ya emang ASI awalnya masih dikit, karena anaknya emang butuhnya sedikit nanti lama2 jg akan banyak sendiri sesuai kebutuhan dia. Subhanallah banget ya πŸ™‚
stelah urusan belajar nyusui selesai dilanjut urusan stok ASI. mulai deh bingung lagi, karena kudu mikir bagi waktu antara merah ASI dan nyusui. karena anaknya mulai doyan nyusu πŸ˜€
Alhamdulillah smua sudah terlewati dgn crita yg penuh drama (lebay lg) tapi tentunya kalo diingat2 ga nyangka bisa melewatinya. Terima kasih banyak ya buat mb roro dan mb ira yang ga bosen2nya jawab pertanyaan saya #pelukcium# kalopun ternyata mreka bosen ya sudah lah udh kadung,hahahaha teman macam apa ini ! πŸ˜€

dan sekarang……….gantian saya yg sering ditanyain sama temen2 kuliah, soal lahiran dan nyusui, saya seneng banget, karena saya bisa share ilmu yang saya dapet. dan saya jd merasa pengalaman saya tuh berguna jg buat orang lain. yang dulunya saya panik sekarang bisa menenangkan orang πŸ™‚
biasanya saya slalu bilang sama teman saya, punya anak itu ga gampang, sebelum lahiran puas2in tidur deh. karena saya emang ngantukan orangnya jd buat saya harus bolak balik bangun nyusui,ngurusi pipis itu berat banget, trus saya jg bilang kalo harus siap mental menghadapi masa2 belajar nyusui yang emang berat jg, karena selagi kita sama bayi belajar pasti ada komentar2 yang harus didengar, dulu jg mertua saya tidak percaya ASI saya cukup sampai saya tunjukkan stok 40botol di frezer, dan beliau kaget , sejak itu ga pernah lagi menyarankan beli sufor πŸ™‚

ya semua emang harus dilewati. entah dengan cara yg enak apa ga enak. mungkin kalo ga ada kejadian2 kayak gitu, ga seru ya hidup kita heheeh
Alhamdulillah wa syukurilah,,sekarang udh lewat smua, udh lupa sama bete2 nya, sebelnya,sedihnya. yang ada seneng liat anak udh jalan kmana2, bisa diajak maen, bisa teriak2, sehat πŸ™‚

buat para ibu baru, tetep smangat yaa,,apapun yg terjadi ikutin aja jalannya,itu cuma harus dilewati kok.sbelum kalian udh ada yg ngalami jd jgn mundur,maju aja teruussssssss !!!!

gambar dari : http://www.babyblues.com/junk_drawer/bbhistory.htm

Advertisements

bye bye 2013

11 Comments

hmm saya bukan orang yang suka bikin resolusi per taun gitu. ya udh smua dijalanin apa ada nya aja,apa ini namanya males ya,hahaha bukan ga punya target sih, selalu ada di hati dan pikiran *cieeee* mau apa,bagaimana, tp bukan saklek harus terwujud, tetep fleksibel sesuai keadaan.
oya,saya juga seringnya nulis di HP, mau ngapain, mau beli apa aja,standart ya hidup saya,hahaha biarin deh πŸ˜€

apa aja yg terjadi selama 2013 ini ya??

dimulai dari beradaptasi sebagai ibu muda, ngurusi bayi, trus mendadak pindah rumah, ditambah urusan pengasuh yg kyk sinetron, ga abis2.
walopun smuanya dijalani dengan serba terbatas, tp Alhamdulillah sampe saat ini msh gemuk sehat seger buger πŸ˜€
mulai menikmati, mulai bisa ngatur gimana enaknya, gmn nyamannya jd ibu,ngurus rumah , anak, suami.

urusan kantor, ada beberapa masalah, beban berat, kejadian2 ga enak, tapi AlhamdulillahΒ  udh terlewati deh.

soal keuangan masih gitu2 aja, tp Alhamdulillah sebagian besar utang renovasi rumah sudah terlunasi dan sisanya diikhlaskan sama yg ngasi utang, sujud syukur banget deh yg ini, makasi banyak papa. maaf kalo anakmu ini ga pernah bisa romantis ,cuma bisa ngomong makasih dan doain papa yg baik2 #kiss

trus target taun depan yg udh kepikir dan akan mulai dicatet di HP *teteuup lho* sekarang mau ditulis disini, siapa tau yg di Hp ilang,hihi
– aqiqah naira (hehehe belum smp sekarang)
– nabung LM lagi
– nyicil beli perabot rumah
– beli Hp baru
– nabung buat renovasi teras dan carport
banyak juga yaaa…huahahahahaah biarin deh biar smangat kalo ngantor πŸ˜€

ya Allah terima kasih banyak atas semuanya ya !
slamat tinggal 2013…
slamat datang 2014, Bismillahirrahmanirrahim πŸ™‚