Pengertian temper tantrum adalah perilaku marah pada anak-anak prasekolah. Mereka mengekspresikan kemarahan mereka dengan berbaring di lantai, menendang, berteriak, dan kadang-kadang menahan napas mereka. Tantrum yang alami, terjadi pada anak-anak yang belum mampu menggunakan kata-kata untuk mengekspresikan rasa frustrasi mereka, karena tidak terpenuhinya keinginan mereka.

penjelasan lebih lengkap http://www.psikologizone.com/pengertian-sebab-dan-cara-mengatasi-temper-tantrum/065113939

sebelum naira usia 2 tahun saya sudah pernah membaca mengenai tantrum ini, pernah mendengar juga dari tetangga saya mengenai anaknya. saya pun menyiapkan mental untuk menghadapi kira-kira bagaimana ya tantrum nya naira hehehe

ternyata emang aneh ya tantrum itu, karena si anak bisa marah dan nangis karena sebab sepele atau hanya karena saya tidak begitu jelas sama apa yang dia mau. huh nasib nasib.

contoh tantrum yang sering terjadi sama naira :
– naira minta sesuatu tapi saya ga jelas apa yang diminta, langsung marah nangis teriak2 keras sekali dan memukul saya
– naira mau membuka jaket / memakai baju / menaruh botol susu dengan usaha nya sendiri tapi saya bantu dan awalnya dia ga sadar kalo saya bantu. begitu dia menyadarinya dia langsung teriak2 nangis dan bilang “mau pake sendiriiiii” huhuhu salah maning mamamu ini -_-!
– naira ga mau brenti gosok gigi , sedangkan saya menyuruhnya cepat karena buru-buru mau berangkat ke kantor. itu bisa sampe nangis sesenggukan ga karuan T_T
dan masih banyak hal sepele lainnya hiks

kalo sudah begitu biasanya saya akan meneruskan apa yang sedang saya lakukan saat itu. kalo dia udh terlalu keras teriaknya, saya masukkan kamar dan pintu agak dirapatkan. nanti juga diam sendiri. setelah dia diam baru saya ajak bicara baik-baik. lucunya setelah itu seperti tidak terjadi apa2 dia akan main dan tertawa seperti biasa, rasanyaaaaa huuffttt narik napas panjang.

ini hanya fase yang harus dilewati, smoga cepat berlalu ^^

20150207_154326

si anak 2.5 tahun yg lagi fase tantrum

Advertisements