Home

toilet training (2)

16 Comments

lanjutan dari post yang lama mengenai toilet training, yang ternyata udah lama juga ya, maret dan sekarang udh juni. huhuhu akhirnya baru bisa melanjutkan toilet training naira. tp di antara maret sampe juni, saya ga pernah brenti kasi tau naira kalo pipis/pup itu di kamar mandi, dan slalu nawarin dia pipis di kamar mandi, nawarin dia untuk ga pake diaper. tetep aja belum berhasil >_<

ehhh minggu lalu, hari senin kalo ga selasa, tau-tau abis mandi, dia bilang sendiri “mama aku sudah besar,ga pake pamp*rs” hah??sampe kaget saya, plus senang dong tentunya. cuma khawatir juga karena itu hari kerja,brati dia harus ke daycare, tp mumpung mau nih anak. saya bilang ” iya naira udh besar, ga usah pake ya,nanti kalo mau pipis bilang sama aunty” dia mengangguk. sip. saya juga bawain clana yg banyak, kalo-kalo dia ngompol.

selama 4 hari dia masih ngompol. aunty ga pernah protes untungnya, malah bilang ke saya “pelan-pelan ma, nanti lama2 juga bisa” saya sih gapapa, cuma kasian beliaunya,hehehe
hari ke 5 ternyata dia ga ngompol sama sekali, ternyata karena temennya yg paling deket (Sidney namanya) kalo pipis ngajak naira juga. waaaa Alhamdulillah. sejak saat itu sampe sekarang naira kalo pagi ga pake diaper dan ga ngompol, kalo sore di daycare masih dikasi diaper, kalo di rumah ga saya kasi. jadi dia kalo udh kebelet langsung dia buka sendiri clananya trus ke kamar mandi,pipis sendiri, trus panggil saya minta dicebokin, hihihihi Alhamdulillah PR lumayan berkurang nih 😀

kalo untuk pup dia belum mau, progressnya cuma udh mau duduk di potty seat nya,tp spertinya dia belum nyaman, jd ya ga bisa kluar pupnya, gpp deh,harus sabar 🙂

PR slanjutnya untuk saya ,naira mau pup di kamar mandi, karena sebenernya dia itu udh tau kalo mau pup dan slalu bilang. jd kan udh dikit lagi tuh . PR paling berat menurut saya ngajarin pipis pada saat tidur, ntar – ntar deh yang ini,hahahaha

semangaaatt !!!

Advertisements

puasa saat hamil VS puasa saat menyusui

12 Comments

cats

bagi saya puasa saat menyusui jauhhhhh lebih sulit daripada saat hamil. karena saat menyusui, kita ga makan dan minum tp kita mengeluarkan ASI, sedangkan kalo hamil kan ga perlu ngeluarin apa-apa hehehe

oya, kalo pas menyusui dan masuk kerja, itu masih mending,karena cuma merah ASI aja ga menyusui langsung, jd bisa diatur frekuensinya, sedangkan kalo menyusui langsung, ya Allah saya ga kuaaattt, makanya dulu kalo hari kerja saya puasa, kalo sabtu minggu, ga deh,daripada muntah-muntah karena pusing. mungkin lebay ya, tp emang udh nyoba dan ga kuat, apa tergantung anaknya juga ya, karena naira saat itu usia 11 bulan tp nyusunya bener2 sering bahkan tidur aja bisa bolak balik minta nyusu, huhuhu makanya lebih baik ga puasa deh, kan Allah juga memberi keringanan untuk ibu hamil dan menyusui bisa bayar fidyah dulu.
Alhamdulillah sebelum hamil lagi, hutang puasa nya juga sudah saya bayar 🙂

tapi yang saya tidak tahu gimana puasa saat hamil di bawah 5 atau di atas 7 bulan.karena hamil yg dulu dan sekarang sama2 puasa di bulan ke 5/6 (trimester 2 kan paling enak) jd Alhamdulillah aman. hamil naira dulu saya bisa full puasanya, smoga hamil yang sekarang pun begitu.Amin

sedikit tips dari dokter saya, adalah usahakan makan tetap 3x karena kan biasanya kita makannya 3x kan,jadi tidak mengurangi jatah bayi. minum air pun ga boleh kurang.

jadi pas buka saya makan kue dan minum teh, trus sholat baru kemudian makan nasi. jam 9an mau tidur malam saya harusnya kan makan nasi lagi,tp biasanya saya ganti dengan yg berat2 setara nasi aja deh hihihi contohnya kebab, roti maryam , roti tawar, gitu deh pokoknya kan makan, dan minum air sebanyak mungkin. waktu sahur saya makan kurma dulu, trus dilanjut makan nasi. kurma itu bikin perut awet kenyang lho dan karena kurma itu manis jadi menambah energi jg, Alhamdulillah sehari2 kuat puasa.
kalo ditanya laper ga? prasaan smua orang puasa jg laper ya,hehehe anaknya di dalam perut gimana? ya dia msh aktif Alhamdulillah.

met puasa ya buat smua, smoga kita diberi kesehatan sehingga bisa menjalankan puasa dengan baik dan puasa kita diterima Allah. amin

buat ibu-ibu hamil dan menyusui,semangat ya puasanya. kalo ga kuat jangan dipaksakan. kalo kuat ya lanjutkan !! semangaaatt !!!!

*sumber gambar : link 1, link 2 

seputar kehamilan

18 Comments

Alhamdulillah minggu ini sudah masuk 21 minggu. nyaman-nyaman2nya nih. skarang pengen crita hamil yg skarang ini apanya yg beda sama yg dulu :
– pake muntah, di bulan2 awal. muntahnya sih Alhamdulillah ga stiap saat, cuma pas gosok gigi T_T
jd pagi dan malam hari. yg paling ga enak malam hari karena udh mau tidur muntah, jadinya lapeerr, tp males banget mau makan lg . sejak muntah2 ini saya jd menghindari makan lombok, karena paling ga enak muntah kalo abis makan pedes2. akibatnya skrg makan pedes lgsg mules,hiiih padahal saya doyan pedes 😦
– Alhamdulillah ga pake pusing. ya sesekali aja sih. tp ga kayak dulu yg tiap hari pusing.
– ga suka minum susu. dulu saya doyan banget, ga hamil pun doyan,hahaha skrg kok males banget ya minum susu -.- ya untungnya masih rajin minum vitamin dari dokter, makan keju, makan ice cream. lumayan lah ya
– lebih gampang capek. mungkin karena perjalanan rumah – kantor lbh jauh dari yg dulu. jadinya ya gitu dehh,mana sampe rumah kan ktemu anak dan pekerjaan rumah. tapi saya sih ga mau ngoyo. masak serahkan pada katering saja. kalo bosen baru masak sendiri. bersih2 rumah sesempatnya aja . oke sip hahaha
– ga nyetir motor jauh-jauh. cuma skitaran rumah aja,hehehe sbenernya sih awalnya karena kalo pagi udh rempong, jd ga nututi, tp trus mikir ya udhlah biar ga capek, karena emang perjalanan jauh dan masih trauma dengan riwayat bocor ketuban dulu. walopun skarang udh niat mau SC aja, tp tetep pengennya scara baik-baik,bukan mendadak. amin ya Allah
– nah yg terakhir ini yg dari kapan pengen crita tp maju mundur cantik karena bakal berisi curhatan yg berbau sperti mengeluh. sbenernya sih ga ngeluh juga,cuma pengen mencurahkan smuanya drpd numpuk di kepala 😀
hamil kali ini kan udh ada anak kecil yg harus diurusin ya. jadinya ya Allah butuh sumbu sabar yg puanjangggggg banget. karena naira jd super duper rewel. banyak maunya. ga jelas kadang yg diminta. saya kira awalnya masih edisi tantrum. tp crita2 sama temen katanya sih bawaan mamanya hamil, jd sabar aja. kadang sampe pengen marah, tp percuma, gemeeeess. hal2 kecil yg biasa dia lakukan sendiri skrg smua harus mamanya. contohnya pake / lepas sandal, nyalain tv,ambil / naruh mainan dll pokoknya smua harus mama, ga mau papa .mandi pagi aja harus dikejar-kejar, makan apalagi. biasanya slalu minta makan tanpa dipaksa, skaranggg?????? saya nawarin mulai dari pake wajah peri sampe wajah nenek sihir T___________T  hufftttt *pasangiketkepala* tp kalo di daycare sih katanya mau makan dengan lahapnya. kalo di rumah maunya cuma roti, mie, itupun ga banyak. sedih 😦
rata-rata pada bilang, udh biarin aja. tp kok ya gemes kadang2.
Ya Allah kangen naira yg biasanya huhuhuu
hmmm soal adik, naira sih udh tau,tp paham atau enggaknya ga tau deh. yg pasti di daycarenya udh ada bayi, jd dia sedikitnya paham kalo adik bayi masih kecil, ga boleh pukul,ga boleh pegang kepala, dll. gitu aja sih.

oya, HPL si anak kedua ini insha Allah tgl 20 Oktober 2015 tp karena SC ya insha Allah maju ke awal Oktober. mohon doanya yaaa

mohon doa juga supaya saya kuat menghadapi smua ini,amiinnn lebay ga sih 😀