cats

bagi saya puasa saat menyusui jauhhhhh lebih sulit daripada saat hamil. karena saat menyusui, kita ga makan dan minum tp kita mengeluarkan ASI, sedangkan kalo hamil kan ga perlu ngeluarin apa-apa hehehe

oya, kalo pas menyusui dan masuk kerja, itu masih mending,karena cuma merah ASI aja ga menyusui langsung, jd bisa diatur frekuensinya, sedangkan kalo menyusui langsung, ya Allah saya ga kuaaattt, makanya dulu kalo hari kerja saya puasa, kalo sabtu minggu, ga deh,daripada muntah-muntah karena pusing. mungkin lebay ya, tp emang udh nyoba dan ga kuat, apa tergantung anaknya juga ya, karena naira saat itu usia 11 bulan tp nyusunya bener2 sering bahkan tidur aja bisa bolak balik minta nyusu, huhuhu makanya lebih baik ga puasa deh, kan Allah juga memberi keringanan untuk ibu hamil dan menyusui bisa bayar fidyah dulu.
Alhamdulillah sebelum hamil lagi, hutang puasa nya juga sudah saya bayar 🙂

tapi yang saya tidak tahu gimana puasa saat hamil di bawah 5 atau di atas 7 bulan.karena hamil yg dulu dan sekarang sama2 puasa di bulan ke 5/6 (trimester 2 kan paling enak) jd Alhamdulillah aman. hamil naira dulu saya bisa full puasanya, smoga hamil yang sekarang pun begitu.Amin

sedikit tips dari dokter saya, adalah usahakan makan tetap 3x karena kan biasanya kita makannya 3x kan,jadi tidak mengurangi jatah bayi. minum air pun ga boleh kurang.

jadi pas buka saya makan kue dan minum teh, trus sholat baru kemudian makan nasi. jam 9an mau tidur malam saya harusnya kan makan nasi lagi,tp biasanya saya ganti dengan yg berat2 setara nasi aja deh hihihi contohnya kebab, roti maryam , roti tawar, gitu deh pokoknya kan makan, dan minum air sebanyak mungkin. waktu sahur saya makan kurma dulu, trus dilanjut makan nasi. kurma itu bikin perut awet kenyang lho dan karena kurma itu manis jadi menambah energi jg, Alhamdulillah sehari2 kuat puasa.
kalo ditanya laper ga? prasaan smua orang puasa jg laper ya,hehehe anaknya di dalam perut gimana? ya dia msh aktif Alhamdulillah.

met puasa ya buat smua, smoga kita diberi kesehatan sehingga bisa menjalankan puasa dengan baik dan puasa kita diterima Allah. amin

buat ibu-ibu hamil dan menyusui,semangat ya puasanya. kalo ga kuat jangan dipaksakan. kalo kuat ya lanjutkan !! semangaaatt !!!!

*sumber gambar : link 1, link 2 

Advertisements