Naira
Sejak lahir sama sekali ga kliatan bakat alerginya,hmm cuma grok grok aja sih tp rata2 bayi kan grok grok ya. Masalah yg saya inget pd saat naira bayi adalah dia susah sekali minum ASI langsung ke saya. Karena dia sempat dikasi susu botol di RS (waktu msh diikubator krn prematur) dan dia msh suka tdr males banget ngenyot,sekali lg karena prematur.
Reaksi alergi mulai kliatan waktu dia mulai MPASI,skitar umur 7bln. Tiba2 matanya penuh belek sampe lengket ga bisa dibuka. Awalnya saya kira sakit mata,tp matanya ga merah. 3hr ga sembuh saya bw ke dokter. Tyt alergi. Waktu itu makananniya saya kasi kaldu ayam. Jd pencetusnya adalah ayam. Oke jd ayam harus dihindari. Dan itu sampai dia umur staun. Stelah dia umur staun pelan2 sdh tdk ada masalah. Kecuali ketika kondisi bdnnya sedang drop, belek akan muncul lg tp Alhamdulillah ga pernah kyk dulu lg.

Arfan
Sejak lahir urusan minum ASI udh jago.ga ada masalah kyk naira. Tp tiba2 bibirnya kering,pecah2 ngelupas dan sangat jelas kliatan bgt kalo abis mimik. Aneh deh masak bayi bibirnya kering.trus di pipi mulai bintik2 merah kecil2. Waktu usianya 3minggu tau2 rewel bgt.yg biasanya gampang bgt tidur.malem pun gampang ini jd susaaahhh..nangis kejer ga karuan. sempet saya kira kembung.karena abis nangis pasti kentut/pup. Dan kringetannya masya Allaahh banyaaak bgt.padahal saat itu sy udh rencana mau khitan pas dia sbulan. Akhirnya blm beres urusan rewel td,ttp saya khitan. Pikir sy nanti dpt obat kok kan bisa tdr dia. Ga taunya tambah rewel ga karuan.tp malem ttp tdr nyenyak.paginya yg susah. Dari jam 6 pagi dia bgn br bisa tdr jam 2 siang.aneh kan masak bayi insomnia..hihihi. saya udh niat bakal cerita ke DSAnya pas imunisasi. Nah waktu ke dokter,sy blm ngmg apa2,dokternya lgsg bilang “lho bu ini alerginya lg kambuh,nih bibirnya pecah2” oalaahhh…jd alergi. Trus sy blg kalo rewel,mimik trs dan akhirnya muntah,kringet byk,susah tdr,gelisah,mulet2 dan nangis kalo mau pup/kentut. Dokternya blg itu smua tanda alerginya kambuh.huhuhu
Jd sy disuruh menghindari ikan,ayam,telur,dan kacang2an. Hadeehh pantesan dok..wong tiap hari saya mkn ikan (emang suka,naira jg ) . Cuma boleh daging tahu dan tempe. Hadehh tmasuk roti yg ada telur brati ga bisa ya:'( pdhl lg pengen pizza 😭 bgitu saya brenti makan itu smua..Alhamdulillah arfan kembali anteng dan gampang tidur lg. Cuma sesekali aja kalo dia mau pup/kentut mulet mulet ga karuan.
Trus nyemilnya apa dong kalo ga roti ?(berat ya cemilannya roti) ya buah , umbi2an, padahal sukaan saya kan batagor 😨
Yak mari diet makan enak at least buat staun..huffttt mgkn ini jalan saya utk langsing.amin
Smoga nanti klo di daycare ga ada masalah ya..bentar lg nih cuti udh abis hiks rasanya ga tega..tp ya gimana. Mana ASI yg kadung diperah kan sdh mengandung ikan dll td. Tp ya smoga gapapa kan ASI perah gizinya ga 100% amin
Sehat2 slalu ya arfan..

Advertisements