Home

Arfan 1 tahun

8 Comments

Alhamdulillah ga brasa Arfan udh umur 1 tahun tepat tgl 15 Oktober
2016.
buat saya proses 1 tahun ini brasa cepat sekali walopun berat (tdk
seperti anak pertama yg mnrt saya brasa lama).beratnya ya urusan
apalagi kalo bukan ASI,hihihi mgkn ini jg ya salah satu alasan udh
cukup 2 anak,krn ga sanggup dengan kerempongan nyusui,pumping ASI,
homemade MPASI dan diet alergi krn emang turunan alergi sih ya.
sebenernya kan sgala idealisme itu emang saya ciptakan sendiri ya, tp
ya gimana udh begini sih orangnya hihihihi

di usia 1 tahun, Arfan secara fisik kecil mungkin seperti anak usia 6
bulan, tp perlu saya syukuri dia sehat Alhamdulilah. bukan berarti
Arfan tdk pernah sakit ya, dlm 1 tahun ini dia sudah pernah sakit
bronchitis,diare, radang dan batuk pilek yg udh kayak sahabat hehe
smoga abis ini kamu sehat terus ya fan 🙂

gigi arfan baru 2 di atas dan bagian bawah udh tampak putih2 sepertinya
mau tumbuh lg. jalan juga belum bisa, padahal menurut saya urusan
gerakan dia lumayan cepat karena 4 bulan udh ngesot,5 bulan udh
merangkak,tp ternyata sampe skrg belum jalan,hehehe kalo jalan pke
pegangan udh sih, pegangan tembok, baby walker, kursi, meja plastik dan
smua yg bisa dia dorong deh pokonya.

oya, Arfan jg sudah bisa rebutan maenan sm kakaknya, apa yg naira
pegang,dia pasti pengen, kalo ga dikasi dia akan marah atau nangis
kenceng >_< kalo ga gitu kakaknya dijambak , hadeehh

urusan makan, kapan hari udh mulai dicoba2 nasi lemes pake kuah gitu,
trus kebetulan dia batuk ,kembali ke bubur alus deh krn mau muntah dia klo kasar
makanannya. skrg batuk udh mendingan,mulai naek te kstur perlahan lagi.

harapan saya yang paling besar sih di usia 1 tahun alerginya udh jauh pergi, hus hus sana kamu alergi, saya kangen roti2an empuk yg enak,hahahaha lagian biar Arfan bisa bebas makan juga ya. kalo UHT udh dapet lampu ijo dari DSA kesayangan. makasih dok supportnya 🙂
whatsapp-image-2016-10-14-at-10-13-34

smoga Arfan selalu sehat, jd anak mama yg ceria,baik,penyayang , pemaaf ,cepet jalan ,dan bntr lagi kamu tumbuh lbh tinggi dan agak berisi hihi supaya ga ada lagi yg liat dan komen menyedihkan.Amin

whatsapp-image-2016-10-13-at-8-38-34-am-5

love u *kiss

Advertisements

seputar ASI

4 Comments

entah knapa hari ini pgn nulis tentang ASI, pengen menuangkan yg ada dipikiran sih sebenarnya.tapi jgn sampe tulisan ini bikin baper yg anaknya ga ASI, krn urusan itu kan pilihan hidup masing masing orang ya. saya ga pernah judge siapapun 🙂

dari awal hamil anak pertama dulu saya emang udh komitmen untuk nyusui dan pumping ASI, pengaruh utamanya ya pasti lingkungan skitar, maksudnya teman, kalo sodara sih malah jarang yg nyusui,hehehe
makanya sebelum melahirkan Naira dl, saya udh edukasi kluarga soal ASI dan ASI perah,supaya beliau2 ga kaget nanti.Alhamdulillah smua mendukung. walopun akhirnya yg agak meragukan ya ada jg stelah tau Naira prematur dan BB rendah. beliau2 pengennya ditambah susu lain untuk boost BBnya Naira. tp sayanya kekeuh dan bandel,hehe ALhamdulillah saya menang,haha dan emang terbukti naira pun smakin gembul, montok dibandingkan lahirnya yg kuecil banget. ya ga gemuk2 banget tp kliatan lah perbedaannya.

untuk Stok Asi Naira dl ktika saya tinggal kerja,40botol, stiap harinya saya dapet 400ml, dan Naira pun minum sgitu,jd pas sehingga saya kalo udh di rumah saya ga pernah pumping lagi,kcuali kurang. tp jarang bgt kurang,slalu pas.
jd stok di frezer ya cuma sgitu sgitu aja 😀

sampe akhirnya di usia Naira setaun stok ASI yang sisa 30 cair karena pintu frezer ga ketutup,waktu itu pgn nangis rasanya,mana pas bulan Ramadhan yg mana susah banget dapetin ASI seperti biasanya.akhirnya brapa yg didapat hari ini ya untuk konsumsi besoknya,untuk kekurangannya saya kasi susu UHT full cream,misal saya dpt 300ml dan Naira msh pgn nyusu lg,baru dikasi UHT.

oya untuk alergi, Naira kan efeknya belek di mata jd ga terlalu mengganggu,makanya dulu saya ga diet ketat,biasa aja hehe

nah ketika hamil anak ke 2 tentunya saya udh niat untuk ngasi ASI lg ya, dan lbh PD pastinya,krn udh pernah to hehe
makanya ketika baru pulang dari RS langsung deh mulai pumping,dikit2 sampe tau2 udh 43 botol pdhl belum sebulan. itu aja mrasanya kok lambat ya,pdhl kan udh anak ke2,hrsnya lbh pinter,hehe mana anak laki,udh ndredeg cukup ga nih nanti. trus ternyata usia sbulan Arfan ketauan alergi,dan lumayan ganggu karena efeknya ke pencernaan,kalo saya makan alergen dia sembelit,rewel,ga bisa tdr,gelisah,huhuhu saya mikir,apa kbr stok saya ini udh kadung 43botol. sedangkan cuti udh sisa 2 minggu. sempet mau saya buang tp trus sy pending,ya udh lah simpen dulu. sapa tau nanti butuh.

tetangga jg mau pinjemin frezernya yg dulu buat ASIP,udh ga kepake,tp sy pikir masak sih saya bisa menuhin frezer 5 rak gitu,ga PD bgitu liat frezernya,hahaha
eh ga taunya pas saya kerja shari saya dpt 600ml dan arfan waktu itu cuma minum 300ml,jd stiap hari lebih kan,frezer smakin penuh ga cukup. stok yg mengandung alergen saya putuskan untuk buang sdikit2. rasanya sayang banget,tp gimana lg. sisa 18 stok waktu itu. sampe akhirnya banyak lg jadi 80an botol karena stiap hari surplus. Alhamdulillah..walopun ya sempet kcewa knp arfan minum cuma sgitu ya. tp mau dikasi banyak2 jg dia masih mengalami muntah2 parah krn alerginya. galau dan dilema,ahahahaa emak emak bangets.

pas udh 3 bulan arfan udh ga muntah2 lagi,mulai meningkat minumnya jd 400 ml, sampe tau2 5 bulanan minum 700ml shari,haha ganti defisit sekarang. tp masih bisa dikejar dengan pumping weekend. tapi kemudian make stok jg.pas arfan udh MPASI sempet turun ke 500 ml minumnya. agak lega,tp ya kepikirian,krn arfan itu kurus. entah krn pawakan entah krn banyak tingkah dianya. ga taunya usia 7bulanan dia minum 600ml lagi,padahal saya sdh susah dapet sgitu jdnya defisit lagi deh. kejar2an terus. dan akhirnya skrg 9 hari menuju arfan staun stok sisa 9botol,hahaha arfan masih minum 600ml skrg sedangkan saya mentok dpt 500ml,weekend pun pumping palingan cm dapet 200 ml kadang malah ga sempet pumping,krn arfan lg dalam masa2 hrs diawasi,dia ga bs diem ksana kmari,smua kursi didorong >_< mgkn dia udh pengen jalan ya,skrg masih jalan pegangan apa aja yg bs dipegang,blm cul-culan 😀

dari smua pengalaman saya mengenai ASI itu, yg kadang saya pikir2 itu kenapa kdua anak saya minum ASI tp ga bs gemuk,apa karena ASI perah. sedangkan ada anaknya org full ASI bisa genduuuttt banget, tp emg rata2 ASInya lgsg sedot bukan ASI perah. kalo saya tanyakan ke DSA nya Dr Ahmad Faudzin yg slalu menenangkan hati emak2, dia cuma senyum dan blg “stiap anak beda bu,jgn dibandingkan”

trus di usia 6-12 bulan Naira dan Arfan itu sakit2an banget. udh kyk dijadwal tiap bulan batuk pilek. kalo dibilang anak ASI sehat,lgsg mikir. tp saya brusaha khusnudzon mikirnya,ini lg pembentukan antibodinya mreka. dan ASI kan investasi jangka panjang ya. ALhamdulillah terbukti di Naira. dia udh jarang banget sakit. lumayan menter dia.
kalo Arfan skrg lg masanya sakit2an. sedihnya itu dia kurus,jd baru naek dikit,udh turun lg BBnya,hiks kliatan keciiill. ntar org mulutnya suka kyk silet “kecil ya?umur brp?” ya ampun buibu g tau perjuangan saya nih bangun jam 4 demi bisa merah ASi ngejar ketinggalan dan bikin bubur homemade. oya naira dan arfan ga pernah makan bubur instan,hehe arfan pernah saya cobain tp dia ga suka.

kapan hari waktu ke dokter,saya sempet bahas soal anak ASI yg kekurangan zat besi, trus DSAnya meng-iya-kan dan akhirnya ngasi suplemen zat besi untuk arfan. stiap pagi diminum saat perut kosong, mimik pun ga boleh. itu dulu baru blh mimik.
saya jg sempet nanya “dok susu tambahan apa yg cocok untuk anak saya ya,buat nanti dia pas umur 1 thn,jaga2 ASI sy kurang”
DSA “ga ush bu,ASI aja cukup,kalo kurang makannya aja ditambahin”
saya *ngeyel* “ASI saya ga menggendutkan dok,pgn saya kasi tambahan” hahaha
DSA *senyum* “gpp bu”

dalam hati sih udh mikir kalo kurang kasi UHT aja,hihihi walopun jg deg2an nanti arfan staun udh bisa minum susu sapi ga ya,alerginya udh berkurang ga ya. skrg sih makanan saya udh banyak cheatingnya. dan Alhamdulillah ga ngefek.

skian crita panjang lebar tentang galau dan apa apa yg mbulet di pikiran,hahaha ini ditulis saat arfan batuk pilek dan anget, pdhl sbulan lalu udh ngalamin,tuh kan brasa repeat order T_T
smoga naira arfan slalu sehat.

arfan-nainai-ar-makan