kemaren baca postingan instagram mbak Suci Utami,tentang minus matanya, yg sebenernya dulu jg pernah saya baca di blognya sih, saya jd tertarik untuk cerita mengenai mata saya juga,yg nasibnya ga beda jauh,hehehe

jadi, saya awal pake kacamata (kayaknya )sekitar kelas 6 SD atau kelas 1 SMP. dan itu langsung minusnya di atas 2 kalo ga salah. karena cuma periksa di optik,disarankan ke dokter dulu. kemudian dokter menyarankan untuk rajin minum jus wortel dan tomat. ternyata emang ngefek,mungkin karena msh muda belia ya,hahaha skitar brp minggu ya,lupa, periksa lagi udh turun. dan stelahnya saya jarang periksa lg. kalo ga salah staun sekali deh baru periksa lg. yg pasti smakin naek walopun dikit2.

pas kuliah itu keadaan minus mata kanan kiri udh beda. tp belum jomplang bgt,akhirnya sejak itu males bgt periksa. ya udh dipake aja trs itu kacamata. mana kuliahnya berhubungan dengan komputer, jd rasanya minus naik tp malas periksa. sampe akhirnya pas mulai kerja, kok sering pusing.mau periksa takut,tp lama2 takut juga. dan stelah ke dokter hasilnya bikiin mau nangis,hiks minus mata kanan naik banyak,yg kiri tetep, jd selisih kanan kiri itu udh lebih dari 3, itulah yg bikin saya selalu pusing. untung dokternya baik, kalem. waktu itu saya ke dokter di RS mata undaan. beliau bilang, solusi untuk saya cuma 2, lasik atau pakai soflens. lasik..hmmm papa saya waktu itu bilang gpp, tp saya yg takut banget. sebenarnya teman sdh ada yg lasik dan fine fine aja,tp saya kok ga siap rasanya. sempet berpikir, kalo lasik mungkin enak bisa normal,jd ntar bisa melahirkan normal (waktu itu blm nikah,tp udh mikir jauh hehehe ) tp kata dokter,lasik ga ngefek ke cara melahirkan krn yg dikoreksi hanya lensa,retina dan kornea itu lah yg hrs diperiksa kalo mau melahirkan normal (kalo tidak salah bgitu penjelasannya).

singkat cerita. ya udh deh saya memutuskan untuk pakai soflen aja. wajah tambak oke tentunya,huahahahaha PD abis 😀 stelahnya bertaun2 saya pakai soflen,hanya saja saya ga punya kacamata sebagai cadangan jika ada apa2 sama soflen,jdnya kalo pas iritasi kadang suka bingung. Alhamdulillahnya jarang iritasi.

nah, masalah datang skitar taun 2015 stelah saya melahirkan Arfan. saya mulai mrasa ga nyaman sama soflen. karena saya sering bgt nyusui sambil liatin hp. sering bgt ktiduran dengan soflen nempel di mata T_T ya emang sih cuma 30menit – 1jam tapi kan sebenarnya emang bahaya.hiks. mata saya jadi sering kering,ga nyaman. mana saya sering bgt lg repot,kudu pake soflen,sobek lah,cuil lah. udh gitu pernah cuil,dan cuilannya ktinggalan di mata. saya baru tau sminggu setelahnya pas dia kluar sendiri gitu,hahahaha parah. saya jg malas cuci soflen sbelum direndam. udhlah itu masa2 terparah saya menggunakan soflen. pas slesai cuti melahirkan saya mrasa blur gitu pandangannya. tp tetep mau periksa takut *cemen

akhirnya taun 2017 ini baru beranikan diri periksa karena udh sering iritasi dan ga kuat lagi huhuhu tadinya mau balik ke dokter yg dulu menyarankan soflen,tp beliaunya udh naik jabatan jd jadwal prakteknya dikit,skalinya praktek antri panjang hufft
cari opsi dokter lain dan dikasi info sama mbak optik langganan yaitu klinik mata di bratang situ. oke cusss coba kesana. dokternya buaaaiiikkk bangeeeet dan inspiratif.

disitu saya diperiksa dulu, dan naeknya drastis. mau nangis rasanya. saya critakan ke dokter histori soflen saya. kemudian beliau bilang
“tenang..jadi gini,matamu ini skrg lagi sakit,kita obatin ya. soflennya stop dulu. sekarang pake kacamata. dengan ukuran yg disesuaikan jd kanan kiri ga slisih banyak” saya nurut aja waktu itu.

stelah 7 thn ga pake kacamata,rasanya pas pake,mau muntah,mau jatuh,dan sbagainya. stiap 2 minggu saya hrs kontrol. dan stelah 2 kali kontrol Alhamdulillah mata saya sudah sehat,minusnya pun akhirnya turun. ya walopun ttp naek dari ukuran lama, stidaknya tdk seperti kapan hari. kata dokter saya boleh pake soflen tp tdk seperti dulu yg seharian. saya sempat bertanya bbrp hal sama beliau :

D (dokter) S (saya)

S : dok,apa ini turunan?
D : tentu aja, jd anakmu nanti kelas 1 SD langsung diperiksa aja
S : brati udh bener ya saya melarang anak saya maen HP,walopun anak saya jd ndeso dok,ga ngerti yutub
D : *ngguyu* ngapain mikirin omongan orang anakmu ndeso. kamu yg tau apa yg terbaik kan
S : dok,apa saya lasik aja?
D : saya dokter mata ya mbak,tp tdk menyarankan untuk itu. karena 70% orang yg sudah lasik,mengalami kekeringan dan bergantung pada artificial tears
S : apa minum jus wortel dan tomat di usia saya ngefek?
D : nggak,tp gpp minum aja
S : apa minus saya msh ada kemungkinan nambah?kenapa minus saya tdk berhenti di usia 25 tahun
D : ada beberapa orang yg memang mengalami miopi (apa ya lupa) jd tdk berhenti minusnya
sudah mbak,smua itu disyukuri aja, saya ini abis operasi jantung,badan saya gerak dikit sakit,tp saya masih bisa praktek dan meriksa sampeyan.saya sudah siap dan ikhlas mau diambil Allah kapan aja
S : jleb. diem. mau nangis
makasih ya dok 🙂

dan sejak saat itu saya pake kacamata. dan berusaha ikhlas menerima takdir soal mata saya ini.bagi orang mungkin gitu aja lebay. tapi ya gimana ya hehe saya slalu doain anak2 ga ada yg niru mata saya. kalopun ada.ga separah saya .amin

oiya saya juga sempet brosing tips2 untuk mata>
1. sering makan buah dan sayur yg mengandung vit A
2. kalo sudah terlalu lama memandang HP atau komputer dalam jarak dekat,lemparkan pandangan ke jarak jauh. trutama yg ijo ijo
3. kalo lelah matanya,buka kacamata/soflen. karena tlalu sering menggunakan akan menurunkan ke-elastis-an otot mata
apalagi ya,lupa hihii silahkan gugling 😀

oiya soal melahirkan, dulu pas hamil anak pertama,saya berniat periksa mata komplit 1 bulan sebelum HPL,eh taunya udh lahir duluan di week 35, jd nya SC. nah anak kedua,ya udh SC jg aja. dan insha Allah keputusan yg tepat.

Alhamdulillah masih dikasi mata bisa melihat,Alhamdulillah masih dikasi rejeki untuk beli kacamata.
buat yg matanya normal,jangan lupa bersyukur ya.

 

*pake kacamata dan pake soflen harus tetep PD dan bersyukur 🙂

Advertisements