Home

belajar ngaji

4 Comments

kata orang,better late than never, tp sebenarnya sih dari kecil Alhamdulillah udh belajar ngaji,dan pernah dipanggilkan guru ngaji privat ke rumah. jadi Alhamdulillah udh bisa ngaji dari dulu. tapi pas kapan hari ada issue di kantor bakal diadain kelas mengaji tiap hari senin waktu istirahat, langsung tertarik.

awalnya ya sempet ga PD karena pake tes dulu,untuk menentukan kelompok mana. pikiran ini udh kmana2, pas ternyata saya ga bisa,pas gini pas gitu,hehehe emang ga boleh suudzon ya . akhirnya Alhamdulillah masuk kelompok yg lumayan lah ga dasar banget πŸ™‚

tiba saatnya mulai belajar ngaji sama ustadzahnya udh deg2an ga karuan. mungkin saya emg lebay dalam sgala hal ya,hahaha tp emang kenyataannya saya grogi parah !
liat temen2 1 kelompok,ada yg kenal ada yg nggak (walopun 1 kantor) . ga PD bgt rasanya waktu itu. apalagi ada yg sempet bawa2 suku saya “lho kok org A*ab baru belajar ngaji sih” saya ga marah, saya cuma blg “namanya belajar ga boleh SARA ya” πŸ˜€

ternyata emang blajar ngaji skrg sama dulu beda banget, dulu seinget saya pokoknya bisa baca. kalo sekarang lebih detil,sifat per huruf hrs bener. sampe brasa susah banget bacanya,pdhl udh biasa baca Quran. tp di satu sisi saya mrasa seneeeeenngg banget mendapat kesempatan blajar ngaji ini. sampe pengennya 2/3x seminggu. krn kurang kalo 1x seminggu. tp blm bisa dikabulkan .

nah stelah udh 1 thn ini berlalu. rasanya ngaji saya udh jauh lebih baik,cuma akhirnya ga bisa secepat dulu. karena udh tau kalo salah saya ulang lagi,ulang lagi.
slanjutnya ustadzah menantang kami untuk hafalah juz’amma mulai dari An Naba’. nervous lagi dong saya , bisa ga ya,udh mau mutung aja,karena rasanya berat disuruh hafalan. kapan waktunya. hiks eh ternyata pas liat ada temen yg bisa hafal saya terpacu dong. dan brusaha banget walopun ya stiap setor hanya 5 ayat ,yg penting maju terus pantang mundur.

makasih banget sama kantor yg udh ngasi fasilitas belajar ngaji ini.Alhamdulillah jg dpt ustadzah yg sabar dan baik,ga malas mengingatkan kalo kami salah2 trs. beliau jg slalu smangat datang walopun kadang sambil gendong anaknya yg lg tdr πŸ™‚ makanya kalo mau bolos ngaji mikir sribu kali deh

btw akhirnya bs ngalahin malas untuk ngeblog πŸ˜€

buber

2 Comments

dari dulu (sejak single) saya ga pernah suka buber, alasannya :
1. ga bisa buka pake teh anget,hihi
emang jarang banget kan buber nyediain teh anget,seringan pake es es gt,nah saya ga bs buka langsung minum dingin,at least air biasa dulu deh.
2. sholat antri
nah ini biasanya kalo di mall ato resto,mau wudhu antri,mau sholat antri.padahal magrib waktunya bentar jd suka gupuh sendiri
3. makan ga bs sante
biasanya abis buka itu kan suka lemes gt ya,sedangkan kalo buber di tempat umum,makan ga bs lama dan sante-sante,krn tempatnya pasti rameeee banget.ga nyaman bgt 😦

tapiii kalo buber dirumah temen ato sodara sih saya msh mau ya.karena kalo di rumah gitu masih santeee #orangnyasukasante hihihi

kalo sekarang apalagi ya,sejak punya anak,ga bakal deh ikut buber terutama di hari kerja,karena slalu kasian anak2 yg selalu nunggu dijemput stiap hari. rasanya kebayang wajah mreka kalo waktunya dijemput trus mama nya ga dateng2 😦
arfan skrg tiap sore udh nunggu di jendela aja,tiap motor lewat pasti teriak “Papa !” hehehe kalo naira sih biasanya protes kalo dijemput agak malem dari biasanya “mama kok lama datengnya?”
kalo ada yg bilang “cuma sekali ini aja mbak,sekali2 lah” mungkin dia blm tau rasanya nitipin anak ya πŸ˜€
mungkin kalo anak saya di rumah,dijaga rewang atau neneknya, saya msh bisa ya,tp itu juga mungkiiinnn karena blm pernah ngalami juga hehe

kemudian buber membawa baper deh,urusan ninggal anak ini, karena emang nitip anak di rumah orang itu feelnya huffft banget deh,saya aja udh beberapa taun nitipin,dan cocok sama yg momong,tiap pagi anak2 ga pernah nangis,tp liat ekspresi mreka dadah2 tanpa senyum udh sedihhhh,,tp ga akan nunjukin sedih di depan mreka. saya cuma bisa berdoa,mreka akan tumbuh jd anak2 yg kuat dan mandiri πŸ™‚ amin

back to urusan buber,kalo buber wiken ya hayuk lah karena bisa ikut rombongan.

WhatsApp Image 2017-06-13 at 09.30.36 (1)

curcol

6 Comments

hai halo..emang ya nulis di blog kalo ga diniati jatuhnya malas,hehe ini udh lama pengen ditulis tp baru terealisasi πŸ˜€

pengen curcol soal sosmed, kadang tuh gemesss banget sama gaya orang di sosmed padahal di dunia nyatanya ga bgitu. lho kok tau? ya tau lah krn saya kenal,hahaha mungkin kalo ga kenal saya ga urusan ya. tapi paling sebel sama orang yg postingnya suka lebay,padahal aslinya, hadeehhh ya gitu deh.

beberapa contoh ya, hihihi sengaja ditulis disini karena orangnya ga baca πŸ˜€
ada seorang temen nih, dia hobi banget posting makan disana,makan disini,cafe cafe ngehits. udh gitu caption dan hastagnya aduh gaya bener hahaha padahal saya tau dia orangnya itungan polllll jadi kadang ke cafe rame2,pesennya cuma sedikit trus dimakan bareng. itupun kadang dia ga mau bayar,atau urun cuma sedikit aja,pdhl teman yg lain urun banyak, sebenarnya ga masalah makan rame2 gt,tp foto dan caption lebaynya yg bikin saya gemes hahaha
kapan hari dia jg liburan trus ada foto dia foto di toko oleh2, captionnya seperti menunjukkan dia beli,ternyata temannya cerita,dia ga beli oleh2,yg beli temennya,huhuhu dan ada beberapa contoh lagi soal dia,hufftt

trus ada lagi orang yg suka posting foto liburannya dulu,tp ga ditulis latepost,kan aneh pas ktemu orangnya,lho di IG td bukannya lg liburan ya,eh ternyata latepost,ampun deh -.-

lain lagi,ada sodara,hobi nya foto di hotel2 bagus,ternyata ga nginep disitu,tp caption nya seperti dia nginep situ T__T

yang saya ga paham,kenapa ya orang2 sperti itu harus berbohong,tujuannya apa ya, keuntungannya apa ? lelah hayati,hahaha tp kadang ya lucu pas mreka2 posting,karena saya tau aslinya πŸ˜€
akhirnya saya jd sulit membedakan orang2 di sosmed itu mana yg bener mana yg nggak, yg pasti ada sbagian orang yg emang makan di cafe,nongkrong,masak dll hanya untuk posting, dan sbagian lagi emang beneran melakukan kemudian di posting karena senang –> yang ini saya ikut seneng liatnya, entah kenapa berasa bgt mana yg bener dan nggak πŸ˜€

saya dan temen paling sering lupa kalo makan harus foto dulu,karena tipe laperan,hahaha jd bgitu dtg makanan lgsg hap hap,stelahnya baru mikir,lho kok ga foto dl,ga bs posting dong,capek deh hahahaha kalo inget ya difoto,tp kadang jg males posting. kalo untuk nyoba resep,biasanya beberapa sy post jg krn bangga sm diri sendiri (lebay) dengan backsound suami “hmmm gt aja diposting,niru org2 sosmed ya” hadeehh

sekian curcol nya

mendadak nyapih !

6 Comments

dimulai sejak senin lalu tanggal 13 maret 2017 tengah malam arfan tiba2 nangis histeris.gelisah ga bisa tidur,disusuin ga mau,digendong salah ditaruh salah. saya sampai bingung kenapa. akhirnya saya buatin susu botol sapa tau bisa tenang, eh ternyata tetep aja ga mau. nangis aja terus sampe setengah jam kayaknya. akhirnya sih tidur sendiri tanpa diapa-apain. hufftt sejam kemudian nangis lagi gitu. trus tidur lagi sendiri. sampe jam 3 pagi masih gt. stelah itu baru deh tidur nyenyak sampe pagi. what a long night πŸ˜€

paginya stelah bangun dan mandi,sempet ga mau nyusu, dirayu-rayu sambil nonton tv akhirnya mau. sorenya pas saya pulang kerja ga mau nyusu lagi sampe malem pun begitu. mau tidur rewel lagi. rewel parahnya 3hari an. susu botol pun ga mau. jd sebelum tidur ga minum susu,bangun tidur minum susu pake gelas sedotan.kata aunty di daycare dia mau kalo sudah lelap. entah kenapa dia tiba2 begitu. daripada saya pikir trs jd beban lbh baik saya anggap dia menyapih dirinya sendiri. dia pengen mamanya bayar hutang puasa Ramadhan taun lalu dan puasa Ramadhan taun ini dengan tenang. hahaha amin


saya masih ttp pumping mulai senin kmaren sampe jumat. karena sempet sakit jg salah satu PD. akhirnya kompres – perah – kompres – perah. hari Sabtu udh ga sakit dan kosong , saya coba perah udh agak bening. udh deh saya anggap lulus ngASI nya. Alhamdulillah. walopun rasanya diputusin itu ga enak, tapi saya ikhlas aja nerima . anaknya jg udh ga rewel, udh mau susu botol lg, UHT jg mau, pake gelas sedotan mau. udh bisa tdr nyenyak lg. kalo liat PD saya tawarin dia ktawa trus lari,hahaha Alhamdulillah bisa tidur nyenyak lg tanpa sakit boyok .

ga nyangka si anak mungil ini akan menyapih dirinya sendiri di usia 17bulan (ulang bulannya rabu tgl 15 Maret 2017) . kadang kasian liat dia krn badannya kecil bgt,hihihi tp ya udh mau gimana lagi.
saatnya diet nih buat saya,yuk mari target turun 10kg,wiieekkk temenan ta >_<
Bismillah πŸ™‚

daycare

10 Comments

daycare atau biasa disebut tempat penitipan anak ini emang masih pro kontra ya di masyarakat umum. byk yg bilang positif,byk jg yg bilang negatif. kalo bandingannya sama ART sih sama aja ya menurut saya, ART pun memiliki negatif dan positif.

dari awal saya pindah rumah (ga gabung sama orang tua lg) saya memutuskan untuk menitipkan anak2 saya di daycare. kenapa bukan ART? karena emang di rumah kami tidak ada orang kalo pagi. saya dan suami kerjaΒ  dan di perumahan kami tinggal emang banyak nya ibu2 kerja.beberapa ibu rumah tangga pun rasanya juga sibuk antar jemput anaknya sekolah dan les.

sempat juga pengen pake ART aja biar pulang kerja rumah udh beres,pagi2 pun ga perlu sibuk boyong anak, tp rasanya masih was was ninggal anak bersama orang lain tanpa ada yg mengawasi. kecuali kantor saya dekat dan bisa pulang setiap siang.nah kantor sama rumah saya berjarak +/- 20km
scara keamanan sih emang Alhamdulillah perumahan kami tergolong aman. karena menggunakan one gate system dan satpam2nya pun tergolong disiplin trutama satpam yang jaga pagi sampe sore. super duper disiplin hehe hanya saja saya pikir kalo anak2 masih kecil misalnya sampe (amit-amit Naudzubillah) diapa2in pasti belum berani ngadu atau teriak. kebetulan depan rumah saya jg kosong kalo pagi,kanan jg cuma ibu2 tua yg jaga anaknya pemilik rumah, kiri sering sibuk antar jemput anak,depan kanan kosong pada kerja,depan kiri rumah kosong.tuh kan sepi ya hihihi

saya ga bilang daycare itu pasti sempurna ya. saya sendiri mencari yg cocok jg butuh proses,dulu pernah tulis jg soal naira pindah2 daycare (tp lupa judulnya apa,ga nemu) .
nah daycare nya anak2 yg sekarang ini deket dari rumah Alhamdulillah dan saya titip naira disitu sejak naira umur 2thn,kemudian disusul arfan sejak umur 1.5 bulan. apa yg buat saya cocok disitu?? mreka tdk hanya menjaga saja. mreka juga mendidik,kebetulan cara mendidiknya mirip sama saya.jd masih 1 jalan pikiran. kami juga slalu sharing apa aja soal anak2. misal hari itu dia marahi arfan karena suka mukul temennya, dia pasti cerita. apa aja diceritain. walopun saya dan mreka berbeda keyakinan Alhamdulillah kami bisa saling toleransi dan tdk pernah ada yang saling menyinggung.
selain itu anak asuhnya ga banyak.pernah sampe 12 anak,tp sekarang hanya 5/6 anak. jadinya terawat banget,anak2 juga Alhamdulillah jarang sakit. aunty daycare nya juga slalu bersih sama rumah dan dirinya.

kenapa saya menulis ini, karena kmaren temen suami tiba2 whatsapp dan menawarkan ART,apa kami sedang butuh. kemudian suami jawab bahwa kami belum butuh. kemudian dia tanya lagi,anak2 kami gimana kalo kami kerja, dijawab bahwa anak kami di penitipan, kemudian jawabannya mengasihani anak-anak kami. saya bacanya seperti lho kok segitu negatifnya ya pandangan daycare di mata dia.hehehe ya saya ga munafik,kadang saya juga pengen anak saya di rumah aja, di daycare makannya ya itu-itu aja,mana hrs bangun pagi,tp dia jd tau berbagi, dia jd tau mengendalikan diri, dia tau disiplin setiap hari bangun pagi. ini berat lho kadang buat saya dan anak2. tp insha Allah kami bisa lalui smuanya, dan insha Allah bisa jd bekal buat mreka di masa depan ya.amin

intinya semua pilihan pasti mengandung positif dan negatif ya,mau itu ART atau daycare, tergantung bagaimana kita menyikapi nya πŸ™‚

kangen blog

6 Comments

halo…apa kabar?
udah lama deh ga update, bukan karena sibuk sih tp karena malas,skrg ada kerjaan eh malah pgn ngeblog

#manusiaohmanusia πŸ˜€

update kabar aja deh daripada blog kosong.
– naira dan arfan baru saja batuk pilek setelah sekiaaannn lamaaa tdk sakit.Alhamdulillah diingatkan sama Allah kalo lg sehat ga boleh sombong,hihihi Alhamdulillahnya sih ga rewel, walopun kalo malem lumayan usrek.

-Arfan yang badannya emang kurus smakin terlihat kurus, baper deh mamah hiks scara mama bdnnya selalu gemuk. ya sudahlah yang penting anaknya tetap aktif.
ujung2nya sih BBM dokter kesayangan ,curhat. saya tanya “knp anak saya smua makanan mau tp BBnya susah nambah,apa krn msh ASI,apa harus minum sufor aja?” trus kata beliau “ASI lanjut,fokus sama makanan bukan susu,makan daging yang berlemak”
duh dok anak kecil makan daging kan susah ya. sebenarnya arfan tipe anak gampang makan apa saja mau. tapi giginya baru 6 jd kalo daging saya kasinya bentuk perkedel. belum kebayang kasi daging gitu.seringnya saya kasi ikan karena udh lulus alergi.

– oya alergi arfan sejak umur 12m Alhamdulillah sudah jauuuhhhhh berkurang. smua alergen saya cobain kecuali yg kelas berat seperti udang,cumi dkk saya ga brani. dan Alhamdulillah lulus. tapi kalo ditanya kenapa badannya tetap kurus. hanya Allah yg tau 😦

– arfan udh jalan sejak usia 12m tp masih pegangan tembok waktu itu,ga lama cul-cul an deh,jd dia ga punya histori dititah,kakaknya pun begitu.Alhamdulillah papa mama ga boyok en hehehe

– naira , udh daftar masuk TK A lho. jd ga melewati fase PAUD dl. karena menurut saya dan beberapa kerabat ,naira udh terbiasa di daycare jd tdk perlu PAUD,oke sip ga kelamaan skolah deh πŸ˜€

– reaksi naira mau skolah? biasa aja karena dia udh brasa sekolah tiap hari,hahahaha hanya 1 hal yang sering dia khawatirkan “gimana ma aq kan kalo makan masih disuap?” hahahaha ya abis dia disuruh makan sendiri jg masih sulit. ngedot juga masih. tapi setidaknya dia ngedot cuma pas mau tidur aja.lumayan πŸ™‚

– TK naira saya pilih di dekat daycare agar antar jemputnya mudah, karena pulang sekolah masih harus ke daycare -kadangsedihkalomikirikeadaanini

– naira sekarang seriinggg banget nanya “kapan libur?” atau ” besok bangun tidur libur ma?” atau “mama kenapa ga libur 10 aja sih,aq suka libur” aduh rasanya hiks hiks. kalo saya tanya kenapa naira ga betah lg ta di rumah aunty? dia jawabnya “aku ga suka sm si J karena suka nyubit dan mukul”
si J itu teman naira di daycare, umur skitar 2.5thn yang suka mukul dan nyubit. dan si J emang udh sering dihukum karena perbuatannya πŸ˜€ tp namanya aja anak kecil ya… gitu deh

– hobi baru saya di rumah adalah bikin cemilan anak2 yang gampang. contoh donat, brownis tanpa mixer,martabak teflon, trima kasih banyak buat ibu2 yang suka bagi resep ya. 3 resep itu yang paling sering saya bikin karena smua suka. resep lain yg pernah dicoba pie susu teflon, puding roti tp naira ga suka jd belum dibikin lagi.
biasanya saya bikin yang naira mau karena dia yg paling picky. walopun resep simple tp saya berasa seneng karena yg dibuatkan pun doyan dan kata naira “mama hebat” terharuuuu hihiihihi

nb : naira dan arfan mulai berantem, karena arfan mulai suka ngerebut apa yang dipegang kakaknya.dan biasa abis itu dia pukul wajah / kepala kakaknya, trus dia ktawa, diakhiri dengan naira teriak2 “mama adek nakal ” hahaha

sekian kabar-kabarinya. sampai jumpa lagi πŸ™‚

sedih :(

6 Comments

kemaren pagi waktu anter anak2 ke daycare , aunty tdk ceria seperti
biasanya dan tampak abis nangis, ternyata ga lama beliau bilang “ma,
mamanya arya meninggal” kagetnya saya bukan main,shock banget.

arya dan ryan (adeknya), pernah dititip dirumah aunty juga sama sperti
naira dan arfan. skitar 6 bulan lalu, mamanya memutuskan berhenti kerja
jd anak2nya udh ga dititipkan lagi. beliau sempat bilang pengen sama
anak2nya di rumah,arya masih 5 tahun dan baru masuk TK,ryan seumuran
arfan skitar 1 tahun. malah saya sempet mbatin, ya Allah pengen juga ya
kayak beliau.

nah skitar bulan Oktober kmrn,ryan sempet dititipkan lagi ke rumah
aunty, kata aunty mamanya nyari kerja lagi karena ternyata kok stres di
rumah dan jadi sakit2an.
trus kmudian ga ada kabar sampe akhirnya dapet kabar kemaren itu.

umur manusia emang ga ada yg tau ya. begitu cepat sekali.rasanya baru
Oktober kmaren saya ktemu beliau. sampe kebayang2 terus wajahnya dan
wajah anak2nya. sempet mikir ryan masih kecil banget T_T tp ryan ga
tau. arya yg besar justru yang harus dipikirin prasaannya karena udh
tau. mana arya anaknya sensitif. kalo diantar ke rumah aunty ditinggal
mamanya kerja pasti nangis T_____T

kata aunty mamanya arya kena sakit liver. entah gimana crita lengkapnya belum tau karena kmaren pas layat ke rumahnya ga ada orang.jenazahnya dibawa pulang ke lumajang,rumah orang tua sepertinya.

ya Allah saya takut berpikir tp mau ga mau akhirnya kepikir gimana jika
itu terjadi pada saya. huhuhuhu takut rasanya, belum siap ninggal
anak2. apa yg terjadi sama mreka nanti. saya aja waktu umur 17tahun
ditinggal mama itu belum siap dan sedihnya bertahun-tahun. duh
pengen mewek jadinya T_T

jadi inget kapan hari di kantor ada ceramah dari dokter ahli kanker, Dr. Agus Ali Fauzi. beliau bilang penyebab utama kanker 70% adalah karena hati. orang yang sukanya mendem prasaan rata2 kena kanker. mak deg banget digituin. trus kata beliau kalau orangnya crewet larinya stroke,hahaha langsung ktawa deh. mrasa diri ini crewet banget. berarti emang harus seimbang ya.harus pas takarannya.ga crewet ga mendem prasaan juga. nah itu yang susah πŸ™‚

makanya hidup itu harus seimbang ya, kalo capek ya istirahat,kalo suntuk kerja ya refreshing, ga perlu mahal yang penting happy. dicari sendiri sekiranya apa yang bisa bikin diri ini happy. dan masih banyak lagi yang harus diseimbangkan hufftt

yuk mari kita jaga kesehatan demi masa depan dan jangan lupa dibarengi ibadah yg tertib πŸ™‚

Older Entries